Makna Dan Arti Sebuah Proklamasi

Makna Dan Arti Sebuah ProklamasiMakna Dan Arti Sebuah ProklamasiProklamasi Kemerdekaan Indonesia, yang mencerminkan kehendak bangsa Indonesia untuk bebas merdeka, tidak mau lagi dikuasai kaum penjajah. Berdirinya negara Indonesia baru secara de facto oleh Pembentuk Negara (The Founding Fathers), dan Peristiwa Proklamasi meninggalkan jejak yang mendalam untuk kita.

Sumber dari segala sumber tertib hukum yang berlaku di Indonesia, peralihan dari hukum kolonial ke hukum nasional. Pernyataan kepada dunia luar juga untuk menunjukkan bahwa bangsa Indonesia sejak saat itu sudah merdeka dan berdaulat, sehingga wajib dihormati oleh negaranegara lain secara layak sebagai bangsa dan negara yang mempunyai kedudukan yang sama dan sederajat serta hak dan kewajiban yang sama dengan bangsa-bangsa lain yang sudah merdeka dalam pergaulan antar bangsa di dalam hubungan internasional.

Sedangkan pernyataan kepada bangsa Indonesia sendiri juga untuk memberikan dorongan dan rangsangan bagi bangsa Indonesia, bahwa sejak saat itu bangsa Indonesia mempunyai kedudukan yang sama dan sederajat dengan bangsa-bangsa lain yang sudah merdeka dalam pergaulan dunia, sehingga mempunyai hak dan kewajiban untuk mengisi dan mempertahankan kemerdekaan yang telah diperoleh dan memperjuangkan tercapainya cita-cita nasional bangsa Indonesia.

Pernyataan merdeka dari bangsa Indonesia juga mempunyai arti sejak saat itu bangsa Indonesia telah mengambil sikap untuk menentukan nasib sendiri beserta tanah airnya dalam segala aspek kehidupan. Undang – Undang Dasar 1945 dapat dikatakan sebagai wujud untuk mengisi kemerdekaan, untuk mencapai tujuan hidup bernegara yang bebas dari belenggu penjajahan, karena sudah menyatakan diri sebagai Negara baru yang merdeka dengan tata hukumnya sendiri.

Adanya UUD 1945 juga upaya mempertahankan kemerdekaan melalui ketentuan normatif yang mengikat seluruh rakyat, dan penyelenggara Negara, maupun seluruh bangsa – bangsa di dunia untuk menghormati / menghargai bangsa Indonesia. Aktifitas yang dapat dilakukan dalam upaya yang mengarah kepada tercapainya tujuan nasional yang sesuai dengan hokum dasar Negara :

  1. Membangun Negara dengan memanfaatkan sumber daya alam untuk kepentingan seluruh rakyat Indonesia.
  2. Memupuk tunggak rasa, toleransi adanya perbedaan dengan tetap berpegang pada prinsip Bhineka Tunggal Ika.
  3. Meningkatkan keejahteraan rakyat dengan mendirikan tempat – tempat usaha produktif untuk menampung tenaga kerja.
  4. Beajar giat supaya menjadi warga Negara yang cerdas berpendidikan yang maju setara dengan bangsa – bangsa dari Negara – Negara maju.

Setelah berabad-abad bangsa Indonesia memperjuangkan kemerdekaan dan dilandasi oleh semangat kebangsaan, dan telah mengorbankan nyawa maupun harta yang tidak terhitung jumlahnya, maka peristiwa Proklamasi Kemerdekaan tanggal 17 Agustus 1945 merupakan titik puncak perjuangan tersebut.

Berikut ini makna dan arti penting proklamasi kemerdekaan Indonesia:

  1. Apabila dilihat dari sudut hukum, proklamasi merupakan pernyataan yang berisi keputusan bangsa Indonesia untuk menetapkan tatanan hukum nasional (Indonesia) dan menghapuskan tatanan hukum kolonial.
  2. Apabila dilihat dari sudut politik ideologis, proklamasi merupakan pernyataan bangsa Indonesia yang lepas dari penjajahan dan membentuk Negara Republik Indonesia yang bebas, merdeka, dan berdaulat penuh.
  3. Proklamasi merupakan puncak perjuangan rakyat Indonesia dalam mencapai kemerdekaan.
  4. Proklamasi menjadi alat hukum internasional untuk menyatakan kepada rakyat dan seluruh dunia, bahwa bangsa Indonesia mengambil nasib ke dalam tangannya sendiri untuk menggenggam seluruh hak kemerdekaan.
  5. Proklamasi merupakan mercusuar yang menunjukkan jalannya sejarah, pemberi inspirasi, dan motivasi dalam perjalanan bangsa Indonesia di semua lapangan di setiap keadaan.

Sebuah tonggak sejarah negara telah dikumandangkan “MAKNA DAN ARTI PROKLAMASI” menjadi tolok ukur untuk Indonesia bergerak kedepan, menjadi negara yang berdaulat sesuai denhan harapan arti dari proklamasi..